Definisi Modul Praktikum

Modul praktikum adalah modul yang disusun secara sistematis oleh pakar di bidangnya dengan berpedoman pada prinsip dan kaidah ilmiah buku teks dan diterbitkan secara resmi dan disebarluaskan untuk kepentingan praktikum pada satu mata kuliah tertentu. Umumnya, modul praktikum berfungsi sebagai buku pegangan untuk membantu dosen dan mahasiswa menjalani proses praktikum dalam satu mata kuliah tertentu.

Syarat dan Ketentuan

Syarat pengajuan dan pedoman lengkap insentif penulisan modul praktikum dapat dilihat (diunduh) melalui tautan berikut (gunakan email UII untuk login):

http://bit.ly/PanduanModulPraktikum

Tanggal Penting

  1. Batas pengumpulan usulan manuskrip: Senin, 7 September 2020 pukul 23:59 WIB.
  2. Pengumuman penerima insentif: pekan kedua Oktober 2020
  3. Pengumpulan revisi manuskrip: 30 November 2020
  4. Estimasi waktu penerbitan buku selambat-lambatnya di kuartal pertama tahun 2021.

Prosedur Penyerahan Berkas

  1. Unggah file manuskrip dalam format doc/docx/pdf dan isikanlah informasi http://bit.ly/forminsentifpenulisanmodulpraktikum (dengan terlebih dulu login menggunakan akun UII). Ukuran file maksimal 100 MB. Beri nama file dengan nama ketua pengusul misalnya budi.doc atau budi.docx atau budi.pdf. File manuskrip haruslah sesuai dengan pola acu (template) yang telah disediakan.
  2. Setelah mengirimkan formulir, tunggu email balasan yang berisi tautan untuk mengunduh file. Silakan untuk mengikuti petunjuk pada email tersebut untuk mencetak formulir.
  3. Pada file yang Bapak/Ibu unduh lengkapi isian pada Formulir Biodata sesuai dengan informasi yang diminta serta isi daftar cek kelengkapan administrasi pada Formulir 3 pada kolom “cek oleh pengusul”.
  4. Lengkapi tanda tangan pengusul dan Ketua Program Studi atau Ketua Jurusan pada Formulir 1. Selama masa Kerja di Rumah (KdR) kelengkapan tanda tangan dapat dilakukan sesuai prosedur di unit masing-masing.
  5. Unggah file manuskrip beserta kelengkapannya melalui Google Forms yang tautannya diinformasikan melalui email balasan.
  6. File manuskrip dalam format doc/docx/pdf berukuran maksimal 100 MB. Beri nama file dengan nama ketua pengusul misalnya budi.doc atau budi.docx atau budi.pdf. File manuskrip haruslah sesuai dengan pola acu (template) yang telah disediakan.
  7. Pelengkap usulan adalah Lembar Formulir 1 yang telah ditandatangani beserta Formulir 2 dan 3 yang telah terisi melalui formulir daring.
  8. Jika terdapat kesulitan dalam pengisian formulir dapat menghubungi DPA melalui email [email protected]

Unggah Manuskrip dan Dokumen Pendukung

Bapak/Ibu yang sudah melengkapi Form Pengisian Insentif Penulisan Modul Praktikum, dapat mengunggah file manuskrip dan formulir pada tautan berikut: http://bit.ly/formunggahdokumen

Template Penulisan Modul

Cetakan (template) buku dapat diunduh disini.