Pelatihan Agen Pojok Statistik BPS DIY-UI Batch 5I: Mempersiapkan Agen Statistik untuk Sivitas Akademika dan Masyarakat Luas

Yogyakarta 12 September 2024, Program Studi Statistika Universitas Islam Indonesia (UII) bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sukses menggelar pelatihan bagi Agen Statistik Pojok Statistik BPS DIY-UII. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa terpilih dengan keterampilan dan pengetahuan dalam mengelola data statistik serta memperkenalkan layanan digital BPS kepada masyarakat kampus dan publik secara luas.

 

Acara pelatihan dibuka dengan sambutan dari Kepala BPS DIY yang diwakili oleh Ir. Suparna, M.Si. Dalam pesannya, beliau mengajak para agen untuk memanfaatkan data-data BPS secara optimal. “Kami berharap data yang disediakan BPS dapat digunakan secara maksimal oleh akademisi dan masyarakat, baik untuk penelitian maupun kebutuhan lainnya,” kata Suparna. Ia juga menekankan pentingnya Agen Statistik dalam mendukung literasi statistik di kalangan Perguruan Tinggi.

 

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Ketua Jurusan Statistika UII, Dr. Edy Widodo, M.Si., yang menekankan pentingnya peran Agen Statistik sebagai lebih dari sekadar pengelola data. Dalam sambutannya, Dr. Edy menyampaikan bahwa para agen diharapkan menjadi garda terdepan dalam mengenalkan statistik kepada civitas academica UII dan masyarakat. “Menjadi Agen Statistik bukan hanya soal menjaga Pojok Statistik, tetapi menjadi agen perubahan yang aktif mempromosikan pentingnya statistik dalam berbagai aspek kehidupan,” ujarnya.

 

 

Materi pelatihan diisi oleh Eri Kuntoro, SST, M.Si., yang memperkenalkan para agen pada penggunaan SILASTIK, sebuah layanan digital milik BPS yang dirancang untuk mempermudah akses data statistik. Melalui SILASTIK, para agen dilatih untuk memaksimalkan layanan data agar lebih efisien dan mudah diakses oleh pengguna.

 

Pelatihan ini diikuti oleh delapan agen Pojok Statistik yang terpilih dari mahasiswa Statistika FMIPA UIIangkatan 2021 dan 2022. Para agen ini diharapkan dapat menjadi jembatan penghubung antara BPS dan masyarakat kampus, sekaligus menjadi duta statistik yang aktif dalam mempromosikan pentingnya data dalam pengambilan keputusan.

 

Dengan terselenggaranya pelatihan ini, diharapkan para Agen Statistik dapat berperan aktif dalam mengedukasi sivitas akademika dan masyarakat luas tentang pentingnya statistik, serta memanfaatkan data BPS sebagai sumber informasi yang akurat dan terpercaya.