,

Visiting Profesor Prodi Statistika

Sejak Juli 2020, status akreditasi nasional Program Studi (Prodi) Statistika adalah terakreditasi A berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 3909/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2020. Untuk mencapai status akreditasi internasional, Prodi Statistika telah mendapatkan penilaian dari salah satu Lembaga Akreditasi Internasional yaitu Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, Informatik, Naturwissenschaften und Mathematik (ASIIN). ASIIN merupakan lembaga akreditasi internasional dari Jerman yang fokus pada bidang ilmu teknik, sains, matematika, informatika, pertanian, dan ekonomi. Kemudian, pada tanggal 13 Januari 2022, ASIIN mengabarkan bahwa Prodi Statistika mendapatkan akreditasi ASIIN selama periode kurang lebih 1 tahun mulai dari 7 Desember 2021 hingga 18 April 2023. Jika persyaratan yang dituangkan dalam Accreditaion Report ASIIN dipenuhi tepat waktu, maka akreditasi akan diperpanjang hingga periode akreditasi kurang lebih 5 tahun, yaitu sampai dengan tanggal 30 Septeber 2027. Salah satu syarat pemenuhan akreditasi ASIIN 5 tahun adalah mengenai mobilitas internasional.

Salah satu upaya pemenuhan akreditasi ASIIN tersebut, prodi Statistika lebih mempromosikan mobilitas akademik. Guna mengimplementasikan kegiatan tersebut, syukur Alhamdulillah Prodi Statistika mendapatkan hibah dari Direktorat Kemitraan/Kantor Urusan Internasional dengan tema utamanya adalah Implementasi MoU dalam Rangka Peningkatan International Academic Mobility dan International Exposure di PSS UII. Salah satu program mobilitas Internationalnya adalah lecturer exchange. Kegiatan ini berupa pelibatan dosen mitra dalam penelitian/ pembimbingan mahasiswa dan pengajaran.

Pada kegiatan ini, prodi berhasil mendatangkan Dr. Kartick Chandra Mondal salah satu dosen Jurusan Teknologi Informasi di Jadavpur University, India. Beliau tinggal di Indonesia selama kurun waktu 1 bulan (dari bulan Mei hingga akhir Juni 2022). Beberapa kegiatan beliau diantaranya adalah kolaborasi pengajaran, penelitian, short course, bahkan hingga sebagai penguji tugas akhir mahasiswa. Disamping itu, terdapat juga sesi diskusi sharing kurikulum di Universitas Jadavpur yang beliau ampu. Hal ini sebagai salah satu bentuk refleksi kurikulum prodi supaya tetap konsisten bersaing dengan Jurusan Statistika dimanapun berada. Disamping lecturer exchange, program lainnya berupa podcast hingga shortcourse yang berlangsung secara kontinu hingga bulan Agustus 2022. Informasi lebih lengkap dapat dikunjungi pada laman website prodi statistika yakni: https://statistics.uii.ac.id/

Semoga kedepannya, prodi Statistika terus konsisten dan terus berkiprah demi kemajuan bangsa dan negara Indonesia. Aamiin Yaa Robbal Aalamiin.

Aktivitas Pengajaran Dr. Kartick Chandra Mondal