,

Statistics Data Science Bootcamp

Data Scientist memiliki peranan dalam pengumpulan, pengolahan, analisis data dalam rangka menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi pengambil kebijakan. Dalam hal ini, data yang diolah jumlahnya sangat besar, baik data terstruktur maupun tidak terstruktur. Data Scientist merupakan salah satu profesi interdesipliner yang saat ini sedang banyak dibutuhkan di berbagai bidang. Namun demikian, ketersedian sumber daya manusia untuk profesi tersebut masih terbatas.

Ikatan Keluarga Alumni Statistika (IKAS) FMIPA UII bekerjasama dengan Program Studi Statistika UII menyelenggarakan kegiatan Statistics Data Science Bootcamp pada tanggal 25-27 Juli 2019. Kegiatan yang bertempat di Laboratorium Statistika FMIPA UII ini diikuti oleh mahasiswa aktif Prodi Statistika FMIPA UII dan alumni fresh graduate Prodi Statistika UII. Pemateri dalam kegiatan ini adalah alumni Prodi Statistika berbagai angkatan yang bekerja sebagai Data Analyst dan Data Scientist di perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan, dan Alumni FMIPA UII Bapak Thorikul Huda, S.Si., M.Sc. Dalam sambutan Pak Thorik menyampaikan bahwa peranan atau kontribusi baik berupa materil dan non materil dari alumni terhadap almamater dan prodi sangat baik dan diharapkan dapat berlangsung secara terus menerus. Beliau juga menyampaikan kepada peserta agar dapat mengikuti kegiatan tersebut secara serius karena merupakan momen yang langka.

Adapun materi yang disajikan pada kegiatan ini Statistics Data Science Bootcamp diantaranya: SQL, Data Visualization, Introduction to Mechine Learning, Regression, serta materi-materi terkait lainnya. Peserta yang mengikuti kegiatan merasa senang karena dapat kesempatan memperoleh ilmu langsung dari praktisi yang berkompeten di bidangnya.

Bapak Dr. Edy Widodo, S,Si., M.Si. selaku Kajur/Prodi Statistika pada penutupan kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakasanakan ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat dan berharap dapat dilaksanakan kembali di masa mendatang. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa peserta yang hadir dalam kegiatan ini selama tiga hari merupakan peserta yang beruntung karena mau dan Allah mampukan untuk mengikuti rangkaian kegiatan dari awal hingga selesai.