statistic

History

SEJARAH JURUSAN STATISTIKA

 

Jurusan Statistika UII bernaung di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Dan didirikan pada tahun 1995. Prodi Statistika mempunyai satu Program Studi (Prodi) yaitu Program Studi Statistika, dan merupakan satu-satunya jurusan yang pertama kali dimiliki ketika awal berdirinya Fakultas MIPA. Pembentukan Jurusan Statistika, diarahkan untuk melayani tuntutan masyarakat akan kebutuhan sarjana MIPA guna mendukung pelaksanaan pembangunan nasional.

Pada awal berdirinya, Jurusan Statistika memperoleh status terdaftar, berdasarkan Surat Keputusan nomor 196/DIKTI/Kep./1996 tertanggal 20 Juni 1996. saat ini Prodi Statistika memperoleh Sertifikat Akreditasi  B  dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan surat nomor 08206/Ak-IX-S1-026/UIISXT/I/2006, dan telah diakreditasi kembali pada akhir tahun 2010. Dosen tetap Prodi Statistika UII mempunyai jenjang pendidikan yang sangat membanggakan, dimana dari 6 dosen tetap, satu orang profesor dosen tetap, satu orang dosen sudah bergelar doktor, dua dosen sedang menempuh program doktor, dan dua dosen sudah bergelar magister.  Untuk menunjang proses pembelajaran, Prodi Statistika mempunyai dua buah laboratorium yaitu laboratorium Statistika Bisnis dan Sosial, dan laboratorium Statistika Industri.

Hingga September 2007, Prodi Statistika UII telah meluluskan 225 sarjana Statistika. Berdasarkan tracer study terhadap alumni Statistika UII, diperoleh bahwa rata-rata waktu tunggu untuk mendapatkan pekerjaan pertama dari sarjana UII adalah 8,4 bulan. Mayoritas alumni Statistika UII sudah bekerja dan tersebar di beberapa instansi baik negeri maupun swasta, seperti di Badan Pengembangan Teknologi Nuklir (BAPETEN, Perguruan Tinggi, Pemerintah Daerah (Pemda), Bank, Perusahaan Asuransi, Lembaga Konsultasi, Industri, dan lain-lain.

 

Lecturers' Repository of Statistics