Genggam Dunia Dengan Big Data

Dalam era sekarang ini dunia statistika sedang kedatangan tamu special bernama Big Data. Fenomena big data akhir-akhir ini mulai banyak didengungkan oleh kalangan Data scientist maupun software engineer serta kalangan umum lainnya yang melek dengan data. Apa itu Big Data? Big Data, sesuai unsur kata yang menyusunnya, big

berarti besar artinya data yang memiliki ukuran sangat besar. Akan tetapi permasalahan  bukan hanya karena ukuran datanya yang besar, melainkan bentuk datanya juga tidak terstruktur layaknya data-data biasanya. Data yang terkandung bisa berupa teks yang tidak beraturan, bisa juga berupa angka-angka yang bercampur dengan teks, selain itu juga berupa suara dan video yang merupakan unsur dari big data. Perkembangan teknologi yang begitu pesat akhir-akhir ini membuat orang mudah sekali berkomunikasi satu sama lainnya, mudah dalam mengekspresikan apa yang dirasakan, apa yang dilakukan, sedang dimana dan sebagainya, hal ini terjadi karena perkembangan media sosial yang begitu pesat seperti facebook, twitter, Instagram, path, whatsapp, line, telegram, youtube dan lain sebagainya yang mendukung para penggunanya mengupdate statusnya, mengunggah suara maupun video yang dimiliki.

Begitu banyak manusia didunia ini dengan berbagai fitur aplikasi yang dimiliki pada handphone, laptop maupun alat berkomunikasi lainnya membuat kebutuhan penyimpanan data yang juga meluap. Pada saat ini data tidak lagi dicari tetapi setiap orang bisa menciptakan data itu sendiri.  Ketika seseorang melakukan pengisian email atau data online lainnya, maka dengan otomastis orang tersebut juga telah menciptakan data yang secara tidak langsung juga ikut meningkatkanvolume data setiap waktunya. Setiap hari, setiap jam, setiap menit bahkan setiap detik terjadi peningkatan volume data yang begitu cepat.
Bulan Agustus ini Statistika mengikuti Inetrnational Workshop on Big Data Analytics yang berlangsung di Malaysia pada  23-24 Agustus 2016. Ada sebanyak 5 paper ilmiah yang di presentasikan oleh Dosen Statistika FMIPA UII didepan para akademisi dan praktisi industri di dunia big data, sebagai hasil penelitian sebagai pembuktian dharma ke-tiga dari Catur Dharma Dosen UII, yakni Pendidikan, Penelitian, Pengabdian pada Masyarakat dan Dakwah Islamiah.

Dr. R.B. Fajriya Hakim, M.Sc Ketua Program Studi Statistika FMIPA UII, menyambut baik dan bergembira dengan terjaganya budaya publikasi Internasional. Hal ini adalah langkah maju untuk pengembangan Prodi Statistika kedepannya, bahwa forum ilmiah internasional ini membuktikan bahwa karya mahasiswa Prodi Statistika diakui tidak hanya dalam negeri akan tetapi di luar negeri yang mendukung lulusan Statistika FMIPA UII bersaing di dunia global.

Langkah publikasi Internasional ini sebagai jembatan terjalinnya kerjasama dengan berbagai universitas di luar negeri, hal ini disambut baik oleh Drs. Allwar, M.Sc., Ph.D. selaku Dekan FMIPA UII yang mendukung penuh kegiatan-kegiatan positif yang terjalin antara FMIPA dengan universitas didalam dan luar negeri.

© Copyright - Prodi Statistika FMIPA UII 2017